Jumat, 29 Oktober 2010

Network Layer (Lapisan Jaringan)

Layer ini bertanggung jawab menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang harus diambil selama perjalanan ( Routing ), dan menjaga antrian trafik di jaringan.

Routing merupakan fungsi yang bertanggung jawab membawa data melewati sekumpulan jaringan dengan cara memilih jalur terbaik untuk dilewati data tanpa adanya gangguan.



Routing in Network Layer
  

Untuk dapat melakukan Route Paket diperlukan Router,. Router merupakan sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya. jika ingin melakukan Route, maka Router harus mengetahui :
- Alamat IP penerima
- Router tetangganya, yang dengan itu ia bisa mempelajari jaringan yang lebih luas
- Route lintasan yang bisa dilewati
- Route terbaik ke setiap jaringan
- Informasi Routing 

Dalam prosesnya Routing terbagi menjadi beberapa tahap yaitu :
-  Paket dibuat di A untuk dikirim ke B
-  A broadcast ARP ke jaringan untuk mengetahui MAC address B
-  Karena B terletak di jaringan yang lain, Router yang member respon dengan memberikan fisik addresnya,agar paket itu oleh A dikirim ke Router (sebagai default router)
-  A kemudian mengirim paket tersebut ke Router lewat port E0
-  Hardware address sesuai dengan HA milik Router, maka header frame dicopot, sehingga tinggal paket  IP. Router kemudian mencheck alamat penerima, ketika diketahui bahwa penerima adalah 172.16.100.15. Router tahu (dari routing tabelnya) bahwa alamat network 172.16.100.0 bisa dicapai  lewat port E1. 


Sedangkan dalam menentukan alamat jaringan, pada Network Layer merupakan pengalamatan secara logical. pengalamatan secara logical biasa disebut dengan IP (Internet Protokol) Address (Nomor IP).
IP Address itu sendiri terbagi menjadi 3 Jenis, yaitu :
- Network Address : Alamat yang digunakan sebgai petunjuk pada suatu jaringan

- Broadcast Address : Alamat khusus yang digunakan untuk mengirim data ke semua host dalam suatu jaringan

- Host Address : Alamat yang diberikan pada end device dalam suatu jaringan

IP Address terdiri dari 32 bits, kemudian 32 bits dibagi menjadi 4 bagian setiap bagian terdiri dari 8 bit, setelah itu dikonversikan ke desimal.

  IP Address


Nomor IP diperlukan oleh perangkat lunak untuk mengidentifikasi komputer pada jaringan. Namun nomor identitas ( IP Address )  yang sebenarnya diatur oleh NIC (Network Interface Card) atau kartu Jaringan yang juga mempunyai nomor aneh / unik.

Selain Pengalamatan Logical, dalam layer ini juga terdapat Pengalamatan Komputer yang merupakan kombinasi dari Pengalamatan Fisik ( MAC Address ) dan Pengalamatan Logical ( IP Address ).

MAC ( Media Access Control ) Address itu sendiri merupakan sebuah nomor identitas hardware yang unik, digunakan untuk membedakan setiap perangkat yang ada di dalam jaringan komputer. MAC address secara pabrikan dipasangkan ke setiap kartu jaringan (misalnya kartu Ethernet dan kartu Wi-Fi), oleh karena itu tidak dapat diganti.


 MAC Address

Tidak ada komentar:

Posting Komentar